Selasa, 05 Desember 2017

PENYEBAB KEGAGALAN TEMPE

Penyebab Kegagalan Membuat Tempe


Pembuatan tempe tidaklah semudah yang kita bayangkan. Untuk membuat tempe diperlukan kesabaran dan pengalaman yang cukup. Untuk mengurangi kegagalan dalam proses pembuatan tempe, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kegagalan tersebut di antaranya:
  1. Kebersihan dan pengeringan kedelai. Pada proses pencucian, dan pengupasan kulit ari kedelai, kebersihan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Setelah proses pencucian dan pengupasan kulit ari, kedelai harus dikeringkan sebelum diberi ragi. Jika kedelai tidak cukup kering, proses fermentasi akan gagal dan kedelai cepat membusuk. 
  2. Suhu ruangan. Suhu sangat berpengaruh terhadap proses fermentasi dan perkembangan jamur Rizopus setelah proses peragian pada kedelai, yaitu sekitar 25′-32′ celcius. Jika suhu ruangan terlalu rendah akan menghambat tumbuhnya jamur sedangkan jika suhu terlalu panas akan menyebabkan overheating pada calon tempe, sehingga kedelai akan mudah busuk. 
  3.  Kelembaban. Selain suhu, kelembaban udara tempat penyimpanan tempe sangat menentukan keberhasilan tempe. Jamur akan mudah tumbuh dengan tingkat kelembaban yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBERHASILAN MEMBUAT TEMPE

Hal-hal Yang Mempengaruhi Keberhasilan Dalam Pembuatan Tempe Kedelai v   Hal-hal Yang Mempengaruhi Keberhasilan Dalam Pembuatan Tempe...